MUDIK LEWAT PESISIR SELATAN MELEWATI BELASAN SURGA DUNIA (Mang Yana)

Sebulan penuh ditempa dengan shaum diakhiri dengan hari kemenangan, Hari raya Iedul Fitri.  Ada sesuatu yang berbeda pada saat mudik 1436 H.  Perjalanan Mudik ke arah Timur sebelah Selatan Jawa Barat (Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran) bisa dilakukan dengan melewati jalur paling Selatan wilayah Jawa Barat.

Mudik melalui wilayah Selatan dari Jakarta sampai Pangandaran akan memakan waktu 18 – 20 jam,  Sukabumi-Ciamis 8-10 Jam, cukup lama memang, akan tetapi ini sebuah pilihan dikala semua jalur mudik macet.  Mudik via Jalur Selatan Banten dan jalur paling Selatan jabar akan menikmati berbagai keindahan pesona alam yang luar biasa.

jalur mudik jabar selatan

Peta Mudik Via Banten Selatan dan Jabar Paling Selatan

Seperti terlihat di peta di atas, jika mudik diawali dari Jakarta maka pemudik harus fokus menuju Pantai Sawarna Banten,  menuju lokasi ini pemudik dari jakarta harus ke Serang Banten terlebih dahulu. Menuju Serang dapat melalui Tol Jakarta – Merak kemudian keluar di pintu Tol Serang Timur.  Dari pintu Tol Serang Timur menuju ke arah terminal Pakupatan. Dari terminal lurus dan di lampu merah pertama dekat pom bensin pertamina belok kiri menuju Palima (perlimaan) Serang Banten. Dari palima ambil yang ke arah Baros dan Pandeglang.  Sampai  Baros mendekati masuk kota Pandeglang pemudik akan memiliki dua pilihan, melalui alun-alun Pandeglang atau ke pinggir. Dari Pandeglang Kota atau pinggir Pandeglang kamu ikuti arah menuju Saketi atau Labuan, nanti kalau sampai Saketi terus ambil arah ke kiri. Jalan dari Pandeglang menuju Saketi ini sudah berupa betonisasi.

Pemudik sesudah sampai di Saketi, belok ke kiri ambil yang ke arah Malingping.   Setelah sampai ke Malingping, di pertigaan kota Malimping, ambil arah ke kanan menuju ke Bayah. Sekitar 2.5 Km, ada pertigaan lagi, lurus agak ke kiri ke arah Bayah/ Sawarna dan jika ke kanan menuju ke Binuangeun. Di sepanjang jalan Malingping – Bayah maupun arah ke Binuangeun inilah banyak terdapat pantai-pantai yang menarik, diantaranya Pantai Bagedur (3 Km dari pertigaan arah Binuangeun), Pantai Cihara, Pantai Cibobos dan Pantai sawarna yang cukup memiliki daya tarik tersendiri.

Karang-Pantai-Sawarna

Pantai Sawarna – Lebak Banten

Pantai Sawarna menuju Palabuhanratu bisa ditempuh maksimal 2 jam perjalanan, di wilayah Palabuhanratu mata pemudik akan dimanjakan oleh Puncak Habibie, Pantai Cikembang dan Pantai Cibangban di dekat perbatasan Banten – Jawa Barat.  Pada saat sampai di Wilayah Palabuhanratu kembali akan menikmati Pantai Karanghawu,  Citepus dan Gado Bangkong.  Selesai Palabuhanratu kita akan menuju perbatasan Cianjur Sukabumi, pemudik akan menikmati Geopark Ciletuh di Kecamatan Ciemas, Pantai Ujunggenteng, Konservasi Penyu Pangumbahan, Pantai Minajaya dan Curug Cikaso.  Perjalanan normal Palabuhanratu – Tegalbuleud dapat ditempuh 3 jam perjalanan.

Perbatasan Cianjur sampai Cipatujah kondisi normal bisa ditempuh 8 jam, para pemudik akan kembali dimanjakan dengan pemandangan di pantai Apra di Sindangbarang Cianjur, Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo dan Pantai Cipatujah.  Kondisi jalan menuju Cipatujah dan Pangandaran sebagian besar jalan beton dan jalan hotmix bagus, tinggal sedikit beberapa kondisi jalan yang harus diperbaiki, itupun sudah mulai akan dikerjakan pada tahun anggaran 2015 ini sehingga jalan menuju Cipatujah dan Pangandaran bisa kelar 100 % pada akhir tahun 2015.

Begitu pemudik yang menuju kota Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Jawa Tengah  harus meninggalkan surga dunia, dan kembali berhadapan dengan hiruk pikuk keramaian jalan menuju Kota Tasik.   Pemudik yang akan menuju kota Ciamis dari Cipatujah menuju Karangnunggal kemudian di pertigaan Sukaraja belok kanan menuju jalan Ciamis manonjaya dan keluar di terminal Ciamis, bagi pemudik yang akan menuju banjar terus ikuti jalan arah Cijeungjing keluar di kecamatan Cijeungjing/bojong atau menuju Cimaragas Kota Banjar.

Pantai-Ranca-Buaya

Pantai Rancabuaya

pantai santolo

Pantai Santolo – Garut

Pemudik yang berniat menuju Pangandaran, dari Cipatujah terus ikuti jalan menuju Cijulang, Parigi dan Pangandaran.  Obyek wisata di wilayah ini akan lebih banyak lagi, diantaranya body rafting Citumang, Grand Canyon, pantai Batu Karas, Pantai Batu Hiu, Pantai Pananjung, Cagar Alam Pananjung, Pantai Karapyak dan Karang nini.